Minggu, 06 Juni 2010

Contoh Proposal


YAYASAN WISMA TAWAKAL
PONDOK PESANTREN SYIFAUL HASANAH
Akta Notaris : No.3 tanggal 05Maret 2002
Dusun Lamping RT03/07 Desa Bangbayang Kec. Cipaku Kab. Ciamis  – Jawa Barat

Nomor          : 01/12/PBD/LP3AI-YWT/2009
Lampiran      : 1 (satu) Bundel Proposal
Hal                : Permohonan Bantuan Penguatan Modal Usaha Penanaman Jagung Hibrida

Ciamis , 05 Januari 2009

Kepada yang Kami Hormati,
Direktorat Jendral Tanaman Pangan
Jl. Aup No. 3 Pasar Minggu Jakarta Selatan
Di
Tempat

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Salam ta'dzim kami sampaikan semoga kita semua senantiasa berada dalam lindungan dan magfhiroh dari Alloh SWT, Amiin.

Pesantren adalah sebuah Lembaga Pendidikan Islam yang sudah dikenal keberadaannya oleh masyarakat dan di dalamnya terjadi proses pembelajaran. Disamping pengetahuan tentang keagamaan juga diajarkan tentang peluang usaha bagi santri-santrinya.

Apabila dilihat dari peluang dan sarana yang tersedia, penanaman Jagung Hibrida salah satu usaha yang sangat produktif.  Hal ini mengacu kepada tujuan pesantren dan peluang ini, yaitu mencetak generasi-generasi disamping berwawasan ke-Islaman juga berwawasan wirausaha.

Berpijak dari hal tersebut di atas, maka kami berusaha untuk memulai usaha penanaman Jagung Hibrida, dan untuk menjalankan usaha tersebut, sebagai bahan pertimbangan Bapak, kami lampirkan Surat Rekomendasi Dari Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis .

Demikian surat permohonan bantuan ini kami buat, atas perhatian dan partisipasinya untuk membantu pesantren kami, kami haturkan banyak terima kasih.

Jazakumullohu khairan katsiran. Wallahul muwafiq ilaa aqwamitthoriq

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Mengetahui :
Kepala Desa Bangbayang


SOBANA
Pimpinan Pondok Pesantren
Syifaul Hasanah


Drs. Rahayu, MSc
Mengetahui
Camat Cipaku


-------------------------------
Kepala BP3K Kec. Cipaku


------------------------------------
Kepala Dinas Pertanian
Kabupaten Ciamis


------------------------------------

Tembusan :
1.      Menteri Keuangan RI dirjen Anggaran
2.      Ketua Komisi IV DPR RI
3.      Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Departemen Pertanian RI
4.      Ka. Biro Perencanaan Departemen Pertanian RI
5.      Ka. Dinas Pertanian Prov. Jawa Barat
6.      Ka. Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan Perkebunan dan Kehutanan


KATA PENGANTAR

Usaha Agribisnis Penanaman Jagung Hibrida merupakan sumber pendapatan yang diyakini akan memberikan hasil yang dapat diandalkan, baik dilingkungan lembaga pondok pesantren maupun masyarakat luar mengingat mayoritas lokasi pesantren pada umumnya dikawasan pedesaan.
Upaya mengembangkan agribisnis penanaman Jagung Hibrida oleh pondok pesantren Syifaul Hasanah selama ini dilakukan secara swadaya. Kalaupun ada dukungan dari masyarakat pada umumnya itu masih bersifat terbatas sehingga belum mampu mendukung rencana pengembangan yang optimal.
Adanya dukungan pemerintah dalam hal ini Direktorat jenderal tanaman Pangan untuk membantu mengembangkan dalam bidang aset permodalan bagi usaha agribisnis penanaman Jagung Hibrida sangat diharapkan.
Dalam kaitan itu, proposal pengembangan usaha ini diajukan, dengan harapan dapat ditindak lanjuti dalam bentuk pengembangan usaha agrobisnis secara nyata sekaligus dapat menerapkan teknologi dan manajemen agribisnis modern. Out-putnya usaha ini nantinya bisa lebih berkembang secara optimal dan mampu mendukung kelangsungan aktivitas pendidikan dilingkungan pondok pesantren maupun masyarakat sekitarnya.
Meskipun bentuk dan isi proposal ini sangat sederhana, diharapkan dapat dijadikan bahan pengambilan keputusan bagi dinas pertanian dan instansi terkait untuk melakukan pembinaan secara nyata.
Kepada semua pihak yang berpartisipasi, kami sampaikan terima kasih dan semoga Alloh SWT meridhoi upaya ini.

Hormat kami,
Pengurus
Ponpes Syifaul Hasanah
Ketua


Drs. Rahayu, MSc


BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar belakang
Yayasan Wisma tawakal (YWT) yang di dalamnya menaungi pondok pesantren Syifaul hasanah yang merupakan lembaga pendidikan Islam yang menangani anak-anak penyandang cacat, yatim  dan anak-anak normal lainnya serta sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat yang berada di Desa Bangbayang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis  yang didirikan oleh Drs. Rahayu, MSc. pada 1 Januari 2003 yang sekaligus pengasuh ponpes ini.
Pondok pesantren Syifaul Hasanah merupakan lembaga pendidikan Islam yang mencetak generasi-generasi yang berguna untuk dirinya sendiri, keluarga, bangsa/Negara serta agama. Penyiapan menuju masa depan tersebut terkait erat dengan bagaimana kita menyiapkan manusia yang berkualitas. Utamanya bagaimana kita menanamkan iman, akhlaq, wawasan dan pengetahuan/teknologi di kalangan umat sekarang dan generasi penerusnya. Dan jelas semuanya ini tak akan terwujud tanpa penggalangan kekuatan untuk menyiapkan sarana dan fasilitasnya termasuk sarana untuk keterampilan dan kewirausahaan.
Pondok pesantren tersebut sangat berbeda dengan pesantren-pesantren yang ada disekitarnya karena santri-santri yang dibina diantaranya santri-santri yang memiliki kebutuhan khusus/santri luar biasa.
Pesantren adalah institusi pendidikan tertua di Indonesia. Keberadaannya tidak bisa dipisahkan dari perjalanan sejarah bangsa ini. Banyak tokoh penting dalam sejarah terlahir dari bilik yang bernama pondok pesantren. Seiring dengan perjalanan waktu, kini pesantren terus menerus bermetamorfosa menjadi institusi pendidikan yang lebih formal dengan kegiatan pendidikan yang lebih interaktif dan beragam. Perbaikan metode pendidikan terus dilakukan. Disamping itu kegiatan-kegiatan lain seperti kewirausahaan, kursus-kursus dan pelatihan-pelatihan terus dikembangkan.
Perkembangna perekonomian global dewasa ini ditandai oleh semakin kaburnya batas antar Negara. Perekonomian berasal dari produk pertanian paling mendapat tekanan yang terberat. Beberapa produk pertanian dalam beberapa tahun belakangan ini terus membanjiri pasar dalam negeri.
Dalam kondisi seperti ini pengembangna kemampuan dalam hal teknik budidaya, pengembangan usaha sangat perlu dikembangkan tidak hanya dikalangan kelembagaan. Petani juga di kalangan pondok pesantren agar santri-santri berusaha mengembangkan kewirausahaan sesuai dengan program.
Melihat kondisi pertanian secara umum, sektor agribisnis yang sangat potensial dan memiliki daya dukung yang sangat baik untuk dikembangkan di Kabupaten Ciamis  adalah penanaman Jagung Hibrida.
Hal ini berkaitan dengan kenyataan bahwa dengan meningkatnya permintaan pasar dan masyarakat perlu adanya pemikiran yang seksama dalam upaya penigkatan produksi pertanian lokal. Mengingat sampai saat ini untuk memenuhi permintaan masyarakat Kabupaten Ciamis  masih harus didatangkan dari luar daerah. Apabila kebutuhan terhadap jagung tersebut dapat dipenuhi oleh petani lokal  Ciamis  maka akan mampu mendongkrak nilai PDRB Kab.Ciamis  dan daya dukung sumber daya yang ada serta prospek pemasaran dan jaminan pasar memungkinkan penanaman Jagung Hibrida untuk di kembangkan menjadi komoditas pertanian di Kab.Ciamis .
Ada beberapa pertimbangan atau faktor penunjang yang memposisikan usaha Penanaman Jagung Hibrida sebagai komoditas yang diunggulkan adalah:
1.      Daya dukung sumber daya dan lingkungan agroklimat sebagian wilayah Ciamis  cocok untuk pengembangan penanaman Jagung Hibrida.
2.      Sumber daya manusia khususnya santri pesantren telah memiliki pengalaman bertani yang cukup.
3.      Melakukan inovasi teknologi budidaya pertanian yang tepat guna dan berwawasan lingkungan.
4.      Membuka wawasan masyarakat dari pola pikir Orientasi Produksi menjadi Orientasi Bisnis yang berwawasan lingkungan.
Menyikapi hal tersebut maka, santri-santri pondok pesantren Syifaul Hasanah bersama-sama dengan generasi muda dan masyarakat tani pada umumnya berusaha menggali potensi yang ada untuk menciptakan usaha ekonomi produktif.

2.      Profil Syifaul Hasanah
Saat ini, pondok pesantren Syifaul Hasanah telah memiliki beberapa lembaga yang bernaung di bawah Yayasan Wisma Tawakal, yaitu: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Madrasah Diniyah Awaliyah, Majelis Ta'lim serta pengajian.
Profil pesantren:

Nama Pontren
:
Pondok Pesantren Syifaul Hasanah
Tahun Berdiri
:
1 Januari 2003
Pendiri Pontren
:
Drs. Rahayu, Msc
Alamat
:
Dsn. Lamping RT 03/07 Desa Bangbayang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis
Luas Bangunan
:
10 x 12 m2
Luas Tanah
:
2118 m2
Data Pengasuh Pengurus Pontren
:
Pengasuh/sesepuh:
Drs. Rahayu, Msc (ketua)
Rina florina ningsih (sekretaris)
Anir hidayat (bendahara)
Ustd. Wahyudin (sie. Pendidikan)
Iin sulistianingsih (sie. Pendidikan)
Wulan runasih (sie. Pendidikan)
Sueb sutarlan (sie. Ekonomi)
Eli yulanti, SP (sie. Pertanian)
Usup (sie. Pertanian)
Idi (sie. Pertanian)
Suparni (sie. Usaha)
Amir Hidayat (Bendahara)
Jumlah Siswa
:
Putra: 45 orang
Putri: 43 orang
Jumlah mustami
:
185 orang
Visi
:
Melahirkan kader mukmin yang beramal shaleh, berbekal ilmu dan keterampilan.
Misi
:
Membantu memfasilitasi dan membina rohani (agama) dan membuka unit kewirausahaan serta bantuan sosial.

3.      Potensi sumberdaya
Ø  Letak geografis yang menentukan pesantren tersebut membuka usaha agribisnis penanaman Jagung Hibrida.
Ø  Mempunyai jaringan yang luas dalam bidang pemasaran produk pertanian.
Ø  Areal lahan yang tersedia.
Ø  Memiliki pengalaman yang cukup dalam bidang pertanian.
Letak geografis pondok pesantren Syifaul Hasanah yang berada di pedesaan sangat kondusif bagi proses belajar-mengajar. Demikian halnya untuk pengembangan sektor pertanian khususnya penanaman Jagung Hibrida sangat potensial prospeknya, karena lingkungan alam pedesaan dimana memiliki lahan tidur yang masih luas.
Dengan melihat potensi sumberdaya alam di sektor Pondok Pesantren Syifaul Hasanah, agribisnis merupakan pilihan utama yang menjadi konsentrasi pengembangan pesantren saat ini, dan untuk memanfaatkan serta mengembangkan potensi ini diperlukan investasi dan pembinaan manajemen usaha mengingat keterbatasan yang ada di Pondok Pesantren Syifaul Hasanah.


BAB II
DESKRIPSI LOKASI DAN PROPOSAL USAHA

1.      DESKRIPSI LOKASI
Kegiatan pengembangan usaha agribisnis penanaman Jagung Hibrida ini akan dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Syifaul Hasanah Dusun Lamping Desa Bangbayang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis  dengan luas lahan 50 Ha.
a.       Letak Geografis Desa Bangbayang
1)      Batas wilayah
Ø  Utara          : Desa Ciakar
Ø  Timur         : Desa Selacai
Ø  Selatan       : Desa Cieurih
Ø  Barat          : Gunung Sawal
2)      Wilayah
Ø  Luas wilayah                          : 438,225 Ha
Ø  Sawah setengah teknis           : 85,396 Ha
Ø  Pemukiman/Perkampungan    : 40 Ha
Ø  Perkantoran                            : 20 Ha
Ø  Hutan                                     : 26 Ha
Ø  Kolam                                    : 31 Ha
Ø  Ladang                                   : 10 Ha
Ø  Tanah Lungguh                      : 14,195 Ha
Wilayah Desa Bangbayang terdiri dari 5 dusun:
Ø  Dusun Cicanggong terdiri dari 7 RT dan 4 RW
Ø  Dusun Desa terdiri dari 4 RT dan 2 RW
Ø  Dusun Lamping terdiri dari 4 RT dan 2 RW
Ø  Dusun Bangbayang Kaler terdiri dari 5 RT dan 3 RW
Ø  Dusun Bangbayang Kidul terdiri dari 10 RT dan 3 RW
3)      Ketinggian            : 500 mdl
4)      Curah hujan          : 2.636 mtm/Th
5)      Tropografi            : sedang
6)      Suhu rata-rata       : 29 dcc
7)      Orbitrasi
Ø  Jarak dari ibu kota kecamatan       : 6 km
Ø  Jarak dari ibu kota kabupaten       : 20 km
Ø  Jarak dari ibu kota provinsi           : 135 km
b.      Penduduk Desa Bangbayang
1)      Jumlah penduduk
Laki-laki      : 2661 orang
Perempuan  : 2572 orang
Jumlah           4933 orang
2)      Jumlah kepala keluarga
Laki-laki      : 1340 orang
Perempuan  :  127 orang
Jumlah           1467 orang
3)      Jumlah hak pilih
Laki-laki      : 1784 orang
Perempuan  : 1783 orang
Jumlah           3567 orang

2.      TUJUAN
Ø  Meningkatkan kemampuan permodalan
Ø  Mendorong berkembangnya usaha pertanian
Ø  Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para santri dan petani sekitar
Ø  Menghasilkan produk pertanian yang berdaya saing tinggi di pasar domestik dan internasional
Ø  Mempercepat laju peningkatan produktivitas dan mutu serta pemasaran.
Ø  Meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan petani dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi pedesaan.

3.      SASARAN
Sasaran dari kegiatan ini adalah terlaksananya program peningkatan agribisnis tanaman pangan yang berhasil sehingga berhasil guna dan berdaya guna serta dapat menigkatkan pengetahuan dan keterampilan serta pendapatan dan kesejahteraan para santri dan masyarakat sekitar.

4.      PROSPEK PASAR
Sebagaiman diketahu bahwa meningkatnya jumlah penduduk, menyempitnya lahan pertanian menyebabkan permintaan terhadap jagung diatas sangat meningkat. Dengan meningkatnya tingkat kebutuhan masyarakat ini merupakan peluang pasar yang sangat menguntungkan dalam meningkatkan pendapatan Pondok Pesantren Syifaul Hasanah dan masyarakat sekitar sehingga taraf kehidupan Ponpes Syifaul Hasanah dan masyarakat sekitar meningkat.

5.      MANFAAT EKONOMI
Pengembangan usaha tersebut akan memberikan manfaat ekonomi diantaranya meningkatkan kesejahteraan hidup di lingkungan Pondok Pesantren Syifaul Hasanah dan masyarakat sekitar serta memberikan kontribusi yang nyata terhadap pembangunan ekonomi di kabupaten Ciamis .

6.      MANFAAT SOSIAL
Pengembangan usaha penanaman Jagung Hibrida akan menyerap tenaga kerja yang cukup banyak, hal ini akan membantu menanggulangi pengangguran bahkan akan meningkatkan pendapatan bagi masyarakat disekitar Pondok Pesantren Syifaul Hasanah sehingga akan mensukseskan program pengentasan kemiskinan masyarakat setempat.

7.      USAHA DAN KEBUTUHAN DANA
A.    Usaha yang sedang dilakukan sampai saat ini
Ø  Penanaman Jagung Hibrida
B.     Usaha yang dikembangkan adalah penanaman jagung hibrida
C.     Rincian anggaran
Anggaran yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan ini secara akumulasi menelan biaya Rp.193.100.000,00 terbilang : Seratus Sembilan Puluh Tiga Juta Seratus Ribu Rupiah. Dengan rincian sebagai berikut :
RINCIAN ANGGARAN BIAYA PENGEMBANGAN KETERAMPILAN
PENANAMAN JAGUNG HIBRIDA

Luas lahan                : 50 Ha
Varietas                    : Jagung Hibrida

No
Uraian
Volume
Satuan
Harga satuan (Rp)
Jumlah
(Rp)
A
Biaya tetap




1
Tempat penampungan
1
Unit
10.000.000.00
10.000.000.00
2
Peralatan





a)       Timbangan
1
Buah
350.000.00
350.000.00

b)       Gembor air
30
Buah
50.000.00
1.500.000.00

c)       Tugal
80
Buah
10.000.00
800.000.00

d)       Cangkul
80
Buah
30.000.00
2.400.000.00

e)       Ember
40
Buah
5.000.00
200.000.00

f)        Koret
40
Buah
15.000.00
600.000.00

g)       Karung
6000
Buah
1.000.00
6.000.000.00

h)       Mesin perontok jagung
1
Unit
15.000.000
15.000.000.00

Jumlah



36.850.000.00
B
Biaya lancar




1
Bibit
750
Kg
35.000.00
26.250.000.00
2
Pupuk





a)       Kandang
100.000
Kg
750.00
75.000.000.00

b)       Urea
10.000
Kg
2.400.00
24.000.000.00

c)       KCL
5000
Kg
2.000.00
10.000.000.00

d)       TSP
7500
Kg
1.600.00
12.000.000

Jumlah



147.250.000.00
C
Biaya administrasi keuangan




1
Transpor mengikuti workshop
3
Orang
600.000.00
1.800.000.00
2
Intensip petugas pendamping LM3
12
Bulan
250.000.00
3.000.000.00
3
Pembinaan oleh dinas pertanian Kabupaten
12
Bulan
250.000.00
3.000.000.00
4
Pelaporan
12
Bulan
100.000.00
1.200.000.00

Jumlah



9.000.000.00

Jumlah (A + B + C)



193.100.000.00

BAB III
PENUTUP

Sangat disadari bahwa proposal ini masih jauh dari kata sempurna, namun dengan niat yang teguh kami berusaha untuk berperan aktif khususnya dalam mengembangkan usaha agribisnis ini dan umumnya mengembangkan Pondok Pesantren Syifaul Hasanah. Diharapkan dari pihak terkait terutama Dinas Pertanian Republik Indonesia dalam membantu aspek teknis dan permodalan serta manajemen usaha agar usaha ini dapat berkembang dan memberikan manfaat baik dilingkungan Pondok Pesantren Syifaul Hasanah maupun masyarakat sekitarnya.



Mengetahui
Ketua Yayasan Wisma Tawakal



Drs. Rahayu. M.Sc
Ciamis, 05 Januari 2009
Pengurus
Ponpes Syifaul Hasanah



Drs. Rahayu. M.Sc



YAYASAN WISMA TAWAKAL
PONDOK PESANTREN SYIFAUL HASANAH
Akta Notaris : No.3 tanggal 05 Maret 2002
Dusun Lamping RT03/07 Desa Bangbayang Kec. Cipaku Kab. Ciamis  – Jawa Barat

BIODATA KETUA PENGURUS
PONDOK PESANTREN SYIFAUL HASANAH

A.    IDENTITAS PRIBADI
Nama Lengkap                        : Drs. Rahayu.M.Sc
Tempat/ Tanggal Lahir            : Majalengka, 12 – 2 – 1947
Agama                                     : Islam
Alamat Rumah                        : Jalan Bangbayang No. 245
                                                   Dusun lamping RT 03/07
                                                   Desa                   : Bangbayang
                                                   Kecamatan         : Cipaku
                                                   Kabupten            : Ciamis
                                                   Propinsi              : Jawa Barat
                                                   Tlp                      : 081 318 271 421
B.     IDENTITAS PESANTREN
Nama pesantren                       : Pondok Pesantren Syifaul Hasanah
Alamat pesantren                    : Dsn. Lamping RT 03/07
                                                   Desa                       : Bangbyang
                                                   Kecamatan             : Cipaku
                                                   Kabupaten             : Ciamis
                                                   Propinsi                  : Jawa Barat
                                                   Tlp                          : 081 318 271 421

Ciamis, Januari 2009
Pengurus
Ponpes Syifaul Hasanah
Ketua



Drs. Rahayu,M.Sc

1 komentar: