Selasa, 08 Juni 2010

MAKALAH TIK MS WORD & POWERPOINT



MAKALAH


MICROSOFT OFFICE WORD DAN POWERPOINT



Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah
Teknologi Informasi dan Komunikasi








Disusun Oleh:

Nama        : TETI DAMAYANTI
NPM         :  









STAI PUTERA GALUH CIAMIS
Tahun Akademik
2009-2010


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Alloh SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul "MICROSOFT OFFICE WORD DAN POWERPOINT", shalawat serta salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad saw.
Adapun penyusunan makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Penulis menyadari penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kritik serta saran yang membangun senantiasa penyusun harapkan guna perbaikan dimasa mendatang.
Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya penyusun ucapkan kepada semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu yang telah membantu penyusunan makalah ini.
Akhirnya penulis berharap semoga makalah ini bemanfaat bagi penulis khususnya dan anda yang membaca makalah ini.


Ciamis, Januari 2010
Penulis


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang masalah
Pembuatan sebuah teks dokumen dengan menggunakan Microsoft Office Word menjadi lebih gampang, simpel, cepat, serta dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan mesin tik. Mesin tik sudah mulai ditinggalkan karena penggunaannya lebih sulit, ribet, lambat dan kualitas yang kurang memuaskan.
Presentasi adalah pengumpulan data dan informasi yang akan disampaikan kepada orang tertentu. Kini seiring perkembangan teknologi di bidang komputer kita tidak perlu lagi mencari berbagai bahan presentasi yang susah untuk didapatkan. Solusi terbaik dimasa sekarang adalah dengan menggunakan komputer jinjing (notebook) yang sudah dilengkapi dengan program Microsoft PowerPoint di dalamnya.
Dalam melakukan presentasi melalui komputer, hanya dibutuhkan seperangkat komputer dan LCD Projector. Materi yang akan dipresentasikan tinggal diolah pada program Microsoft PowerPoint. Melalui program ini, bahan presentasi, baik berupa teks, gambar, suara, atau video dapat disatukan menjadi utuh dan lebih hidup.
B.     Tujuan
Tujuan penulis dalam pembuatan Makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( TIK).
C.    Manfaat 
Penulis berharap makalah ini bermanfaat bagi bagi penulis khususnya, dan bagi pembaca pada umumnya.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    SEJARAH SINGKAT MICROSOFT OFFICE
Sejarah panjang perjalanan Microsoft Office hingga saat ini, banyak perubahan dan penambahan fasilitas sejak pertama kali diluncurkan tanggal 30 Agustus 1992. Waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft Office versi 3.0. Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.
 Setelah populer dengan Microsoft Office 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan sistem operasi Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu. Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003.
Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan Microsoft Office 2003 masih belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan sistem operasi yang juga terus berkembang, maka diluar dugaan Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 2007 bersamaan dengan Windows Vista yang hadir di tengah-tengah masyarakat komputer dunia.

B.     MICROSOFT WORD 2007
1.      Tampilan Microsoft Word 2007
Microsoft word 2007 merupakan program pengolah kata versi baru yang dikeluarkan oleh Microsoft. Pada program ini, microsoft membuat terobosan baru dengan mengubah banyak tampilan. Beberapa tampilan terbarunya adalah: tombol microsoft office, toolbar quick access, dan ribbon (menu pita).
Ø       Tombol Microsoft Office
Pada  tombol terdapat banyak fungsi yang dulunya terletak pada menu file pada word versi terdahulu. Pada tombol ini terdapat menu: create a new workbook, open an existing workbook, save and save as, print, send, dan close.
Ø       Ribbon (menu pita)
Menu pita adalah panel yang terdapat pada bagian atas dokumen. Menu tersebut memiliki tujuh menu tab, yaitu home, insert, page layout, References, Mailings, review, dan view.
2.      Dokumen
Terdapat beberapa cara dalam membuat dokumen baru, membuka data yang sudah ada, serta menyimpan dokumen dalam word.
a.       Membuat dokumen baru
Langkah untuk membuat dokumen baru, yaitu:
Ø       Klik tombol microsoft office.
Ø       Klik new.
Atau klik insert pada menu pita kemudian klik blank page.
b.      Membuka data yang sudah ada
Langkah untuk membuka data yang sudah ada:
Ø       Klik tombol microsoft office.
Ø       Klik open.
Atau klik open pada costumize quick access toolbar, atau jika kita memiliki data terakhir yang baru dibuka, kita tinggal klik tombol microsoft office dan klik pada nama dokumen pada sisi recent documents.
c.         Menyimpan dokumen

Dalam menyimpan file ada dua pilihan, yaitu: save atau save as.
Ø       Klik tombol microsoft office.
Ø       Klik save.
Atau:
Ø       Klik tombol microsoft office.
Ø       Klik save as.
Ø       Ketik nama baru untuk dokumen.
Ø       Pada kotak save as type , pilih tipe word yang diinginkan.
d.        Tampilan dokumen.
Terdapat beberapa tampilan dari dokumen word, yaitu:
Ø       Klik tab view.
Ø       Klik pilihan yang terdapat pada kelompok menu dokumen view, diantaranya
e.         Menutup dokumen
Cara menutup dokumen:
Ø       Klik tombol microsoft office.
Ø       Klik close.
3.      Format Teks
a.       Mengubah tampilan dan ukuran huruf
1)      Mengubah tampilan huruf
Tampilan huruf yang akan kita pakai dapat dipilih dengan cara:
Ø       Klik tanda panah disamping menu nama huruf.
Ø       Pilihlah huruf yang diinginkan.
2)      Ukuran huruf
Memilih ukuran huruf yang akan kita gunakan dapat dilakukan dengan cara:
Ø       Klik tanda panah disamping menu ukuran huruf
Ø       Pilihlah ukran yang tepat.atau
Ø       Klik tombol increase untuk menambah ukuran huruf atau tombol decrease untuk mengurangi ukuran huruf.
b.      Mengubah warna teks
Cara mengubah warna teks: Pilihlah teks dan klik tombol colors yang terdapat pada kelomok menu Font.
c.       Memberi warna pada latar belakang teks
Cara untuk mengubah warna pada latar belakang teks :
Ø       Pilih teks.
Ø       Klik tombol highlight pada kelompok menu font.
Ø       Untuk mengubah warna klik pada tanda panah disamping tombol highlight.
Ø       Klik warna yang diinginkan.
d.      Menghapus format teks
Cara untuk menghapus format teks:
Ø       Pilihlah teks yang ingin kita hapus, format pada teksnya.
Ø       Klik kotak dialog style yang terdapat dikelompok menu style pada tab home.
Ø       Klik clear All.
4.      Format Paragraf
Setiap teks yang kita tulis, posisinya posisinya dapat kita ubah sesuai dengan keinginan kita. Baik pengubahan rata kiri, kanan atau tengah.
Macam-macam perataan paragraph:
a.       Align Left yaitu teks akan melakukan perataan ke kiri pada batas kanan dokumen.
b.      Center yaitu teks akan berada di tengah-tengah.
c.       Align Right yaitu teks akan melakukan perataan ke kanan pada batas kanan dokumen.
d.      Justify yaitu teks akan melakukan perataan pada dua sisi, pada batas kiri dan batas kanan dokumen.
5.      Mengatur Halaman
a.       Mengubah batas tepi halaman (Margin):
Ø       Klik tab page layout.
Ø       Klik margin pada kelompok menu page setup.
Ø       Klik default margin atau
Ø       Klik custom margins dan isi batas-batas tepi pada kotak dialog.
b.      Mengubah orientasi, ukuran halaman atau kolom, sebagai berikut :
Ø       Klik tab page layout.
Ø       Pada kelompok menu page setup klik pada orientation, size atau columns.
Ø       Klik pada pilihan yang tepat.

C.    MICROSOFT POWERPOINT
1.      Tampilan Microsoft PowerPoint
Presentasi dalam bentuk PowerPoint adalah mengumpulkan slide elektronik yang di dalamnya terdapat teks, gambar, grafik, tabel, suara, dan video. Dalam menyampaikan presentasinya, informasi yang telah disusun dapat berjalan dengan otomatis atau dapat juga dikontrol oleh penyaji materi. Microsoft PowerPoint 2007 memiliki fitur-fitur yang sama dengan versi sebelumnya ditambah dengan fitur-fitur baru yang dapat dipergunakan.
a.       Tombol Microsoft office PowerPoint
Dalam tombol Microsoft office terdapat banyak fungsi, seperti file menu pada versi PowerPoint sebelumnya. Pada tombol Microsoft office tersebut terdapat menu create a new presentation, open an existing presentation, save and save as, print, send, dan close.
b.      Menu pita
Menu pita adalah panel yang terdapat di atas layar dan memiliki 7 tab, yaitu home, insert, design, animations, slide show, review and view. Tiap label dipisahkan dalam kelmpok. Menu tersebut dikelmpokan berdasarkan fungsinya dan dapat digunakan dalam membuat dan mengedit slide PowerPoint.
Keunggulannya terlihat pada menu pita. Untuk mengetahui keunggulan tambahan pada tiap grup menu, klik panah yang terletak pada ujung bawah kanan pada ujung bawah kanan pada tiap-tiap kelompok.
c.       Toolbar quick access
Toolbar quick access adalah toolbar yang dapat diubah. Dalam toolbar tersebut terdapat perintah yang dapat digunakan. Kita dapat meletakan Toolbar quick access tersebut diantara atau di bawah menu pita. Untuk mengubah letak Toolbar quick access, klik pada panah ke bawah yang terletak pada sisi kanan toolbar dan kemudian klik show below the ribbon.
d.      Navigasi
Navigasi terletak pada kiri layar. Fungsinya untuk memilih slide yang diinginkan, pada navigasi ini berisikan slide-slide yang telah dibuat dalam ukuran kecil. Sementara itu, outline dipergunakan untuk materi-materi yang akan dimasukan dalam presentasi. Untuk mengakses outline, klik tab outline.


e.       Slide views
Presentasi dapat ditampilkan dalam beberapa variasi. Pada tab view dengan memilih kelompok presentation views terdapat cara tampilan slide berdasarkan pada tampilan normal, slide sorter, notes page, slide show, slide master, handout master, dan notes master.
2.      Membuat Presentasi
a.       Prentasi baru
Kita dapat membuat presentasi dengan slide kosong dengan template dari presentasi yang sudah ada, atau dengan word outline.
Urutan membuat presentasi yang baru dari slide kosong, yaitu:
Ø       Klik tombol office button.
Ø       Klik new.
Ø       Klik blank presentation.
Urutan membuat presentasi yang baru dari template, yaitu:
Ø       Klik tombol Microsoft office.
Ø       Klik new.
Ø       Klik installed templates atau browde through Microsoft office online templates.
Ø       Klik template yang dipilih.
Urutan membuat presentasi yang baru dari presentasi yang sudah ada:
Ø       Klik tombol Microsoft office.
Ø       Klik new.
Ø       Klik new from existing.
Ø       Cari dan lihat kemudian klik presentasinya.
b.      Menyimpan presentasi
Untuk menyimpan presentasi yang telah dibuat dengan save dokumen, yaitu:
Ø       Klik tombol Microsoft office.
Ø       Klik save.
Untuk menyimpan presentasi yang telah dibuat dengan save as dokumen, yaitu:
Ø       Klik tombol Microsoft office.
Ø       Klik save as.
Ø       Ketik nama untuk dokumen presentasi.
Ø       Pada kotak save as type, pilih PowerPoint 97-2003 presentation.
c.       Menambah slide
Dalam menambah slide baru pada presentasi terdapat beberapa cara, yaitu:
1)      Office themes, yaitu:
Ø       Pilih slide yang letaknya sebelum tempat kita akan tambahkan slide.
Ø       Klik tombol new slide pada tab home.
Ø       Klik slide pilihan yang cukup dengan materi.
2)      Menduplikasi slide yang ada:
Ø       Pilih slide yang hendak diduplikat.
Ø       Klik tombol new slide pada tab home.
Ø       Klik duplicate selected slides.
3)      Membuat slide baru dari presentasi yang lain:
Ø       Pilih slide yang letaknya sebelum tempat kita akan tambahkan slide.
Ø       Klik tombol new slide pada tab home.
Ø       Klik reuse slides.
Ø       Klik browse.
Ø       Klik browse file.
Ø       Cari slide klik pada slide untuk mengimportnya.
d.      Themes (motif)
Themes adalah desain motif dari slide yang dapat di-apply (ditetapkan) kepada seluruh presentasi yang dapat memberikan tampilan pada presentasi. Untuk menambahkan corak dan motif pada presentasi dilakukan dengan cara:
Ø       Klik tab design.
Ø       Pilihlah salah satu themes atau klik tombol galleries.
Untuk menetapkan warna baru dengan cara:
Ø       Klik panah kebawah colors.
Ø       Pilihlah set warna atau klik create new themes colors.
Untuk menambahkan corak dan motif pada presentasi dilakukan dengan cara meng-klik tombol background styles pada tab design.
e.       Picture
Cara menambah picture atau gambar pada presentasi lakukan dengan cara:
Ø       Klik tab insert.
Ø       Klik tombol picture.
Ø       Cari dan pilihlah gambar.
Ø       Klik insert.
Ø       Untuk memindahkan gambar, klik geser ke tempat yang diinginkan.
f.       Clip Art
Cara menambahkan clip Art atau to add clip art, yaitu :
Ø       Klik tab insert.
Ø       Klik tombol clip art.
Ø       Carilah clip art dengan menggunakan kotak dialog pencari clip art.
Ø       Klip clip art yang diinginkan.
Ø       Pindahkan clip art, klik dan geserlah ke tempat yang diinginkan.


DAFTAR PUSTAKA

Tualeka Zamrud, dkk. (2009). Mari Mengenal Lembar Presentasi (Ms. PowerPoint). Jakarta: PT. Mapan

Tualeka Zamrud, dkk. (2009). Ayo Bermain Pengolahan Kata (Ms. Word). Jakarta: PT. Mapan





tyle� ~Fo l `� �v� e'>14.  9 Ramadhan 297 H/22 Mei 910 M
15.  7 Ramadhan 361 H/22 Juni 971 M
16.  30 Ramadhan 384 H/7 Nopember 994 M
17.  25 Ramadhan 544 H/26 Januari 1150 M
18.  25 Ramadhan 658 H/3 September 1260 M
19.  5 Ramadhan 666 H/19 Mei 1268 M
Menghidupkan bulan Ramadhan dengan cara:
v  Shiyam (puasa).
v  Tidak berbuka tanpa alasan yang tepat.
v  Bersahur.
v  Ifthar.
v  Berdo'a.
v  Berinteraksi dengan Al-Qur'an.
v  Qiyam Ramadhan (Sholat Tarawih).
v  Memperbanyak do'a, dzikir dan istigfar.
v  Umroh.
v  I'tikap.
v  Mencari Lailatul Qodar.
Amaliyah pasca Ramadhan:
v  Zakat fitrah.
v  Takbiran dihari Idul Fitri.
v  Hari Raya Idul Fitri.
v  Sholat Hari Raya Idul Fitri.
v  Silaturrahmi, halal bil halal dan ziarah.
v  Puasa enam hari dibulan Syawal.


3.2    Saran
Kepada seluruh umat Islam mari kita sambut Ramadhan yang akan datang dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, karena semua manfaat itu akan mengkrucut menjadi satu yaitu tercapainya Visi Ramadhan, sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur'an.
ööNä3ª=yès9 tbqà)­Gs?
"Semoga kamu bertaqwa" Wallahu A'lam Bishawaab.



















DAFTAR PUSTAKA

DR. Salim Segaf AlJufri, MA. Kajian Komprehensif tentang Ramadhan. Syari'ah Consulting Center (SCC) Jakarta 2004.

1 komentar: